Kamis, 19 Januari 2012

Kilas batik jambi


Sebagai warga asli Indonesia,Kita harus bangga karena Batik merupakan hasil warisan budaya dunia asal Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya Jambi. Jambi juga memiliki jenis batik tersendiri yang motifnya khas tentang keadaan sekitar Jambi, seperti: tanaman dan hewan sekitar alam jambi. Corak-corak batik Jambi yang terkenal antara lain: Kepak Lepas, Cendawan, Batang Hari, Gong, Ayam, Matohari, Anggur, Duren Pecah, Kaco Piring, Kupu-Kupu, Pauh, Kembang Duren, Keladi, Angsoduo, Bayam Ginseng, Kapal Sanggat, Atlas, dan  motif-motif lainnya.

Sentral pembuatan Batik Jambi terpusat di desa jambi seberang (seberang Sungai Batanghari). Di sanalah, terdapat sanggar batik yang merupakan pusat pengrajin batik Jambi.  Di daerah ini pulalah, warga asli Jambi bertempat tinggal dan beraktifitas. Menurut pengrajin batik Jambi yang kami temui di sana, terdapat banyak pihak-pihak yang mencoba meniru desain dan corak-corak mereka.Namun Para pengrajin batik di sana mengatakan kualitas batik mereka tetap dapat diadu kualitasnya dengan kualitas batik tiruan tersebut.

Untuk cara pembuatannya sendiri, batik jambi in terbagi menjadi 2 jenis, yaitu batik tulis (dengan lilin) dan batik cap (terdapat pola untuk dicap pada kain). Untuk bahannya, biasanya dibuat di bahan sutra dan katun. Untuk harga bervariasi, tergantung dari cara pembuatan dan bahan. Batik tulis memiliki harga lebih mahal dibanding batik cap. Batik berbahan sutera juga lebih mahal dibanding batik berbahan katun. Harganya bervariasi mulai Rp 50.000/meter hingga jutaan rupiah per meter tergantung pesanan.Untuk pewarnaan,batik yang mengunakan bahan-bahan alami seperti getah-getah pohon bisa dihargai jauh lebih mahal mengingat tingkat kesulitan pemprosesanya jauh lebih rumit.

Untuk penamaan batik, selain menggunakan corak, terkadang pengrajin batik juga menamakan batiknya dengan nama tokoh atau artis di Indonesia. Jadi jangan heran jika terdapat batik SBY dan batik Dorce. Hal tersebut dikarenakan, saat berkunjung ke jambi Pak SBY membeli banyak bahan batik   Jambi dari tempat tersebut. Demikian pula dengan Dorce yang melakukan kunjungan dan membeli banyak motif yand dimaksud.

Salam hangat by:Batik jambi
Email :elviputrinayu@gmail.com
Hp :085263352220

Tidak ada komentar:

Posting Komentar